SMP N 1 KUNDURAN

SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH

Menuju Sekolah Bermutu

UNGGUL K., ST

TIK SMP N 1 KUNDURAN

"EDIT Foto Keren..!!"

Kemdikbud "Info UKG"

Info terkini " KESEHATAN "

Resep Masakan Indonesia "TERBARU"

Kagem mbikak " Face Book "

SMS "GRATIS TENAN"

"RAMALAN"

19.35 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Asus Notebook A43E drivers Win 7 (x86) 32 bit


Download drivers Asus Notebook A43E for Windows 7 (x86) 32 bit

ATK
ATK ACPI driver and hotkey-related utilities
Version: V1.0.0010 - File Name: ATKPackage_Win7_32_Z100010.zip - Size : 8,02 MB
Download

Sound / Audio
Realtek Audio Driver
Version: V6.0.1.6304 - File Name: Audio_Realtek_ALC269_SM_Win7_32_Z6016304.zip - Size : 92,25 MB
Download

Graphics display / VGA
Realtek Audio Driver
Version: V8.15.10.2405 - File Name: VGA_Intel_Win7_32_Z815102405.zip - Size : 67,92 MB
Download

Camera / Webcam
Chicony Camera Driver
Version: V061.005.200.440 - File Name: Camera_Chicony_CNF_9059_Win7_32_Z061005200440.zip - Size : 1,61 MB
Download
Azurewave Camera Driver
Version: V5.8.55133.208 - File Name: Camera_Chicony_CNF_9059_Win7_32_Z061005200440.zip - Size : 1,61 MB
Download

Card Reader
Alcor Multi-Card Reader Driver
Version : V1.2.0117.08443 - File Name: Card_Reader_Alcor_Win7_32_Z12011708443.zip - Size : 8,23 MB
Download

Touchpad
Elantech Touchpad driver
Version : V8.0.5.3 - File Name: Touchpad_Elantech_Win7_32_Z8053.zip - Size : 9,55 MB
Download

Synaptics Touchpad driver
Version : V15.3.6.0 - File Name: Touchpad_Synaptics_Win7_32_Z15360.zip - Size : 44,68 MB
Download

USB
AsMedia USB3.0 Driver
Version : V1.12.5.0 - File Name: USB3_AsMedia_Win7_32_Z11250.zip - Size : 3,5 MB
Download

Bluetooth
Azurewave BlueTooth driver
Version : V7.4.0.40 - File Name: Bluetooth_BT30_Win7_32_Z74040.zip - Size : 202,2 MB
Download
Azurewave BlueTooth driver
Version : V6.2.5.600 - File Name: Bluetooth_Azurewave_Win7_32_Z625600.zip - Size : 56,94 MB
Download
Intel BlueTooth driver
Version : V1.1.0.0157 - File Name: Bluetooth_Intel_Win7_32_Z1100157.zip - Size : 7,06 MB
Download
Intel BlueTooth driver
Version : V1.1.0.0537 - File Name: Bluetooth_Intel_Win7_32_Z1100537.zip - Size : 38,35 MB
Download

LAN / Ethernet
Athros LAN Driver
Version : V1.0.2.43 - File Name: LAN_Atheros_AR8151_Win7_32_Z10243.zip - Size : 197,89 Kbs
Download

Wi-Fi / Wireless
Azurewave Wireless Lan Driver and Application
Version : 1005.10.1123.2010 - File Name: WLAN_Azurewave_NE139_Win7_32_Z10051011232010.zip - Size : 26,62 MB
Download
WiMAX Wireless LAN Driver
Version : V6.2.1202.26 - File Name: WiMAX_Intel_Win7_32_Z62120226.zip - Size : 28,66 MB
Download
Atheros Wireless Lan Driver and Application
Version : V14.1.1.3 - File Name: WiMAX_Intel_Win7_32_Z62120226.zip - Size : 22,02 MB
Download
Intel(R) WiFifamily WiFi Wireless LAN Driver
Version : V14.1.1.3 - File Name: WiFi_Intel_Family_Win7_32_Z14113.zip - Size : 47,31 MB
Download

Download Drivers Asus Notebook A43E for Windows 7 (x64) 64 bit
19.19 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

KidSpeak English (Aplikasi Belajar B. Inggris Untuk Anak)

KidSpeak English KidSpeak English (Aplikasi Belajar B. Inggris Untuk Anak)KidSpeak English adalah terobosan baru yang digunakan untuk mempermudah pembelajaran berbahasa inggris untuk anak – anak semua usia. Anak – anak pastinya akan suka dengan kombinasi animasi, kegiata, dan permainan yang interaktif, teka – teki dan lagu – lagu yang dibentuk dalam sebuah aplikasi KidSpeak English. Aplikasi ini mendapatkan penghargaan pendidikan. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk mendorong anak – anak anda untuk mulai berbahasa inggris.
KidSpeak English Memiliki Fitur – Fitur sebagai berikut :
  • Untuk Usia 6 Tahun
  • Menggunakan Pembelajaran berbasis Multimedia (Animasi dan Suara)
  • Memiliki 3 Tinggkat Kesulitan (Agar tetap menantang)
  • Lebih dari 40 Permainan dan Kegiatan interaktif
  • Meliputi Bahasa Dasar : Alfabet, Angka, Waktu, Hari dalam Seminggu, Nama – Nama Bulan, Kalimat sederhana dan Kalimat Penting.
  • Lebih dari 700 kata dan ekspresi
  • Tidak memerlukan Instalasi (Dapat berjalan langsung dari CD)
02.39 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Cara mengatasi port USB yang rusak/tidak berfungsi


Mungkin ada sebagian dari komputer/laptop yang tiba-tiba semua port USB nya tidak berfungsi/rusak padahal jika kita colok USB pada port komputer lain tidak jadi masalah.
dan kemungkinan yang terjadi adalah:
- setting bermasalah (Bios, Windows)
- driver bermasalah
- port USB rusak
- rusak secara fisik

cara mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara berikut ini :
1. coba colok USB tsb pada Port USB yang lain /pindah-pindah, jika belum berhasil coba colokan ke PC lain, apabila berhasil maka USB kita tidak bermasalah dan kecurigaan 100% kepada PC

2. lakukan sebaliknya, coba colokan USB lain di PC kita (jika ada)/ atau perangkat lain yang menggunakan usb port. dengan asumsi, jika alat yang kita hubungkan terdeteksi, maka port USB tidak bermasalah.

3. cek di settingan BIOS barangkali disable sengaja atau tidak, hal ini bisa saja terjadi perubahan setting dengan tidak kita sadari manakala baterai MotherBoard kita udah soak / lemah.

4. cek di Device Manager, caranya :
- klik start > settings > Control Panels.
- dobel Klik pada icon system,
- setelah terbuka jendela System Properties, klik tab Hardware
- klik tombol Device Manager
- kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers, terlihat ada masalah
- tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau tidak ada driver
- tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable, maka jika ini terjadi lakukan klik kanan dan pilih
enable
- termasuk dalam hal ini kemungkinan perlu install ulang driver

5. cek pada registry, caranya :
- klik Start > Run
- ketik : regedit kemudian enter
- masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControl…
- pada value Dwords harus bernilai 3(enable), jika bukan 3 maka update dengan 3 lalu close dan restart

6. kemungkinan yang lainnya adalah PC terjangkit Virus, maka harus dibersihkan dari virus dengan menggunakan anti
virus

7. jika mencurigai sebuah software yang baru diinstall sebagai penyebabnya maka coba uninstall dahulu software tersebut. (IT Dallas)

Semoga bisa membantu ;)
02.36 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Bahaya dan Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Laptop merupakan perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di samping itu, banyak sekali timbul opini dari orang-orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusakkan perangkat-perangkat laptop.
Sebenarnya keduanya tidak salah, tetapi perlu di ketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.
Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hard disk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun. 

Berikut lebih jelasnya bahaya-bahaya menggunakan laptop tanpa baterai :
  • Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
  • Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuaian tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
  • Kalo misalkan listrik tiba-tiba mati dan laptop anda juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hard Disk, RAM, Processor bisa rusak.
  • Sebelum mati listrik pun laptopmu sudah terancam duluan, karena kalo listrik tempat kita colokin adapter gak sehat, maka listrik tersebut bakal merusak hardware laptop secara langsung, jelas masih mending pasang baterei, karena paling buruk baterainya aja yang ngedrop ketimbang hardware lainnya yang mati.

Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrim, misalnya akibat ada petir yang menyambar.
Karena itu, sebisa mungkin jangan melepas baterai dari laptop anda. Sebab, selain menyimpan daya,baterai juga bertindak menyesuaikan arus listrik yang masuk ke komponen-komponen laptop agar tidak berlebihan.
Berbagai sumber…..
02.32 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Perbedaan antara Ipad, iphone dan Ipod

Ipad, iphone dan Ipod diproduksi oleh apple dan memiliki aplikasi yang hampir mirip, namun fitur yang tersedia pada ketiga gadget ini tidaklah sama, yang identik adalah ketiga-tiganya menggunakan layar sentuh untuk keseluruhan opersionalnya.
Berbicara tentang iPad dan iPhone 4 tentunya tak terlepas dari fungsi dan kegunaan antara keduanya. Perlu diingat iPhone 4 adalah sebuah telepon (handphone) jadi sudah bisa dipastikan bahwa iPhone memiliki fitur-fitur selayaknya sebuah Handphone, dimana Anda bisa melakukan percakapan (nelepon), kirim SMS, MMS sampai Video Call (FaceTime). Sedangkan iPad bukanlah sebuah telepon karena pada awalnya saja ditujukan sebagai eBook Reader/Tablet yang tentunya tidak disertai dengan fungsi telepon (meski dengan berbagai Tweak/Jailbreak dan aplikasi, Anda bisa merubah iPad untuk memiliki fungsi sebagaimana layaknya sebuah telepon).

Ipad

iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X dan juga Ipad mengusung sistem operasi iOS.
salah satu tablet PC yang mirip Ipad adalah Samsung Galaxy Tab tetapi menggunakan sistem Operasi Android.
 iPad 2
Bukan Steve Jobs namanya kalau tidak bisa melakukan inovasi untuk mengatasi para kompetitor-nya. Terbukti, awal maret 2011, Apple secara resmi merilis iPad generasi kedua (iPad 2) yang tentu saja akan jauh lebih baik dari versi sebelumnya.
Apa saja kelebihan iPad 2 dari iPad 1:
  • Lebih Tipis dan Ringan
    Pad 2 memiliki ketebalan 8,8 milimeter, lebih tipis 4.6 mm dari iPad 1 (13,4 mm). Bahkan lebih tipis dari iPhone 4 (9.3 mm). Dengan berkurangnya ketebalan yg dimiliki sekarang, berhasil mengurangi beratnya dari 1,5 pon menjadi 1,3 pon.
  • Prosesor Berbasis ARM Cortex A9
    Jika pada iPad generasi pertama menggunakan prosesor A4 single-core 1GHz, maka pada iPad 2, menggunakan prosesor Apple A5 dual-core 1GHz, rancangan ARM Cortex A9. Dengan prosesor yang baru ini, maka iPad 2 memiliki performa dua kali lebih cepat dari iPad 1.
  • Memiliki Kamera
    Tidak adanya kamera pada iPad 1, banyak disayangkan oleh para pecinta PC tablet, khususnya pecinta Apple tablet  (iPad). Oleh karena itu,  iPad 2 telah dilengkapi dengan dua kamera (depan dan belakang). Dengan penambahan kamera ini, maka Video chat atau video conference pun bisa dilakukan dengan fitur FaceTime. Sayang, belum diketahui berapa pixel resolusi kameranya tersebut.
  • Sistem Operasi iOS 4.3
    Operating sistem iPad 2 telah diupgrade dari iOS 4.1 menjadi iOS 4.3. Operating sistem terbaru ini menawarkan performa kecepatan browsing internet yang lebih baik melalui browser Safari-nya.
  • Grafis Yang Hebat
    Berdasarkan pernyataan bos Apple,Steve Jobs, kemampuan grafis iPad 2 sembilan kali lebih hebat dari generasi iPad yang pertama. Jika pernyataan itu benar, maka kemampuan ini akan memanjakan para pecinta game (gamers).
  • Terdapat HDMI Out
    IPAD 2 ini memiliki fasilitas HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkannya pada televisi. Namun sayang, untuk bisa menggunakannya masih butuh konektor tambahan yang harus dibeli terpisah.
  • Smart Cover
    Smart Cover yang merupakan aksesoris pelapis layar depan iPad 2, yang bisa otomatis mengunci perangkat dalam keadaan tertutup. Cover ini mengandung magnet sehingga bisa terpasang dengan baik. Selain itu, Cover ini juga bisa dilipat untuk dijadikan dudukan iPad.

Dibalik semua kelebihan atau kecanggihan yang ditawarkan iPad 2, ternyata menurut seorang pengamat Apple, Mattew Powell, menilai iPad 2 tidak memberikan perubahan radikal, seperti yang banyak diharapkan banyak orang. Contohnya, resolusi layar (1024 x 768) yang sama saja dengan versi sebelumnya. Katanya lagi, “memang ada prosesor dual core dan kamera, tapi para kompetitor pun memilikinya”.

Kemudian pada bulan Maret 2012 Apple kembali meluncurkan produk terbaru mereka yaitu The New iPad 3. Apakah perbedaan antara iPad 2 dengan The New iPad 3?
-          Harga
Ini merupakah harga jual di Amerika bukan di Indonesia yang setelah di bundle dengan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia harganya melonjak tajam. Di Amerika iPad 2 dengan memory 16 GB, wi-fi di jual dengan harga $399 sedangkan untuk iPad 3 dengan spesifikasi memory yang sama dijual $499. Perbedaan $100 ini mungkin menggambarkan bahwa iPad 3 memiliki kelebihan di banding iPad 2 yang tentunya harus dibayar dengan uang yang lebih besar.
-          Konsumsi Energi
iPad 3 memiliki efisiensi energy yang lebih baik dibandingkan dengan iPad 2 sehingga memungkinkan untuk digunakan lebih lama.
-          Bluetooth
Pada iPad 2 perangkat bluetooth yang digunakan adalah 2.1 + EDr sedangkan pada iPad 3 menggunakan Bluetooth Smart 4.0. Bluetooth pada iPad 3 juga digunakan pada produk apple lainnya seperti MacBook Pro, iPhone dan Mac Mini. Jangkauan dari bluetooth ini 70 meter lebih luas di bandingkan dengan yang ada di iPad 2.
-          Daya Baterai
iPad 2 menggunakan 25-watt-hour lithium polymer yang mampu bertahan 10 jam, sedangkan iPad 3 menggunakan 17.5-watt-hour-lithium juga mampu bertahan 10 jam dan 9 jam jika dalam 4G (saat ini Indonesia belum support 4G). gadget besutan Apple memiliki baterai yang relatif lebih awetdibandingkan dengan baterai blackberry.
-          Kamera
Kamera iPad 2 adalah 5 MP dengan 720p HD, 0,7 MP video kamera, 5x digital zoom dan 30 fps. Sedangkan pada iPad 3 1080p HD , 5x digital zoom dan 30 fps dengan auto focus pada kamera belakang.
-          Dimensi
iPad 2 memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan iPad 3. ketebalan iPad 2 adalah 8,8 mm sedangkan iPad 3 9,4 mm.
-          Berat
Karena iPad 3 memiliki ketebalan yang lebih besar dibandingkan dengan iPad 2 maka dari itu tentu memiliki berat yang lebih besar. Ambil contoh iPad 2 dengan Wi-Fi memiliki berat 601 gram sedangkan iPad 3 dengan spesifikasi yang sama beratnya 652 gram.
-          Wireless (Wi-Fi 3G/4G LTE)
seperti yang telah digembor-gemborkan sebelumnya iPad 3 supprot untuk jaringan 3G Cellular HDSPA dan 2G cellular EDGE, sedangkan iPad 3 supprot LTE untuk model 4G yang tentunya memiliki kecepatan akses internet lebih cepat.
-          Processor
iPad 2 menggunakan processor clocked dual core Apple A5 system-on-a-chip 1 GHz sedangkan iPad 3 menggunakan dual core A5X system-on-a-chip yang memiliki performa lebih baik.
-          Display
iPad 2 dan iPad 2 sama-sama menggunakan layar 9,7 inch namun resolusi pada iPad 2 sama seperti generasi pertama iPad yaitu 1024 x 768 sedangkan iPad 3 memiliki resolusi 4x lipatnya yaitu 2048×1536 dengan LED backlighting dan multi touch Retina display.

Samsung Galaxy Tab 2(10,1)

Diluncurkannya iPad generasi kedua oleh Apple, sepertinya sudah ketehui oleh Pesaing terdekatnya saat ini, samsung. Sehingga sebelum iPad 2 resmi diluncurkan, Samsung sudah terlebih dulu memperkenalkan tablet generasi keduanya (Samsung Galaxy Tab 10.1) pada ajang Mobile World Congress 2011, di Barcelona, Spayol, bulan februari lalu.

Apa saja kelebihan Samsung Galaxy Tab 2 dari versi sebelumnya :
  • Ukuran layar lebih besar dan lebih tipis
    Samsung Galaxy Tab 2 hadir dengan ukuran layar yang jauh lebih besar dari versi sebelumnya (7 inchi) menjadi 10,1 inchi dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Sedangkan ketebalan dan beratnya, saat pertama kali diperkenalkan pada Mobile World Congress 2011, adalah: tebal 10mm, berat 599 gram. Namun kemudian didesain ulang sehingga lebih tipis dan lebih ringan. Sekarang tebalnya tinggal 8,6 mm, dan berat 595 gram.
  • Menggunakan Prosesor Dual Core
    Sama dengan iPad 2, Galaxy Tab 2 juga menggunakan prosesor dual core 1GHz, yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari versi awal.
  • Resolusi kamera lebih tinggi
    Resolusi kamera mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama untuk kamera belakang. Kalau Galaxy Tab generasi pertama resolusi kamera depannya 1,3 megapixel dan kamera belakang 3 megapixel, maka pada Galaxy Tab generasi kedua, kamera depan 2 megapixel dan kemera belakang 8 megapixel.
  • Menggunakan Android Honeycomb
    Jika pada samsung Galaxy Tab generasi pertama masih menggunakan sistem operasi Android untuk Smartphone, maka pada tablet generasi kedua sudah menggunakan Android Honeycomb, yang kabarnya memang dirancang khusus untuk PC Tablet.
Memang masalah ukuran layar yang tepat bagi PC Tablet, masih menjadi perdebatan. Masing-masing mengkalim, bahwa ukuran tablet mereka lah yang paling ideal. Namun sepertinya samsung masih belum yakin dengan ukuran layar tablet-nya, sehingga sampai mengeluarkan 3 ukuran layar. Atau samsung hanya ingin menghadirkan variasi ukuran saja. Berbeda dengan iPad yang sepertinya sudah yakin dengan ukuran layar tablet-nya (9,7 inchi).

Iphone

 
Iphone, adalah salah satu merk ponsel buatan Apple Inc. Fiturnya lebih banyak dari ponsel biasa karena sudah didukung fitur multimedia, web, dan fitur-fitur canggih yang biasanya hanya ada pada PC. Iphone menggunakan sistem operasi iOS. Dan memiliki fitur kamera plus kemampuan berkomunikasi seperti handphone, dan segala fitur yang dimiliki oleh Handphone seperti adanya GPS dan semua fitur yang terdapat pada ipod juga ada didalam iphone ini.
Iphone ini terdiri dari iphone 2G (EDGE), iphone 3G, iphone 3GS, iphone 4G, iphone 4S.
  • iphone 2G


  • iphone 3G
  • iphone 3GS


  • iphone 4G


  • iphone 4S


Ipod

Sedang ipod lebih di utamakan pada segi hiburannya, seperti Photo, Video, bahkan bisa membaca ebook walau dengan tampilan yang lebih kecil dibandingkan dengan ipad yang berukuran 9.7″ dengan resolusi 1.024 x 768 pixel, yang tentunya akan memberikan rasa nyaman pada pengguna saat membaca e-book (buku elektronik / electronic book ) dan bahkan menggambar dengan ipad. Jadi bisa dikatakan ipad itu besarannya ipod, dengan kemampuan yang hampir mirip namun banyak aplikasi yang menarik ditujukan untuk ipad.
Dari sisi kapasitasnya pun ketiga perangkat itu memiliki perbedaan. IPad dan iPhone memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 16 GB, 32 GB, dan tertinggi 64 GB. Sedangkan iPod, kapasitas penyimpanan datanya 8 GB, 32 GB, dan 64 GB.

berbagai sumber.
19.24 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download Skype

Skype 5.3.0.111 Free Download Software - Skype merupakan software yang digunakan untuk melakukan chatting. Software ini cukup banyak peminatnya, dan Skype ini salah satu pesaing berat Yahoo Messenger.


Download Skype Terbaru

Pada 2011 silam, Skype dijual dan dibeli oleh raksasa software Microsoft. Dan kini Skype dikelola oleh Microsoft sebagai salah satu anak perusahaannya. Download Skype terbaru 2012 untuk mendapatkan update dan fitur terbaru skype agar semakin mudah menikmati software chatting skype.

Skype Terbaru saat ini telah mencapai versi Skype 5.3.0.111, Feature apa yang disematkan pada skype ini?

  • Skype calling - Skype has all the features of an ordinary phone so it's even easier to manage your calls.
  • Video calling - see who you are talking to at the same time as speaking to them.
  • Add Skype and SkypeOut contacts - Add contacts who use Skype Terbaru and those who use ordinary phones so you can call more people.
  • Organising groups - group contacts under certain names and share them with your contacts so they can talk to them too.
  • Basic chat and emoticons - when it's not convenient to call, chat or Instant Message (IM) your contacts.
  • Group chat - for when it's easier to chat or Instant Message (IM) all your friends at once.
  • Profile settings - change how you appear to the world and let people know a bit about you.
  • Conference calling - talk to more than one friend at a time.
  • Import contacts - search your address book to find friends and family that already have a Skype name and start calling them for free.
  • View Outlook contacts - view and call your Microsoft Outlook® contacts quickly and directly from your Skype contact list.
  • Quickfilter and Speed-Dial - find Skype contacts, recent chats and SkypeOut contacts quickly and easily, then enter their Download Skype name to call them back quickly.

Anda dapat menikmati seluruh fasilitas yang sebukan diatas secara cuma-cuma alias gratis :-) Free Download  Skype 5.3.0.111 Terbaru 2012 , unduh disini
19.20 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download ClocX

Download ClocX Software Jam Terbaru Gratis - Masih berkaitan dg aplikasi/software analog untuk komputer (pc/laptop) anda.


Download ClocX terbaru

Software ClocX merupakan software freeware, so anda bebas menggunakan, mendistribusikan ulang aplikasi mungil ini. Dengan ukurannya yang tergolong kecil, so cukuplah disimpan didalam flashdisk sobat

Free Download ClocX Terbaru Full Version Gratis 2012
- unduh disini gan -
19.18 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download Software Karaoke

Download Software Karaoke Gratis Terbaru 2012 - Anda punya hobi menyanyi? Ingin karaoke menggunakan komputer anda?
Download Software Karaoke

Dengan software ini, anda serasa memiliki studio karaoke sendiri dirumah, so tak perlu lagi pergi ke mall untuk cari tempat karaoke. Cukup modal, komputer (PC/Netbook), microphone dan tentu saja software karaoke gratis anda sudah bisa menyalurkan bakat menyanyi anda.

Download software karaoke gratis terbaru 2012, UNDUH DISINI
Password : free3allpengetahuanku
19.16 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download Nero 7

Nero 7 - Download Nero 7 - Keygen Nero 7 - Free Download Nero 7 Full Version - Serial Number Nero 7 - Crack Nero 7 Gratis Download


Download Nero 7

Posting kali ini masih berkaitan dengan posting sebelumnya, yaitu Download Nero 6. Bila Nero versi sebelumnya tidak membutuhkan spesifikasi komputer high spec lain cerita dengan Nero 7.

Karena source, yang dibutuhkan Nero 7 tergolong agak lumayan maka komputer yang hendak di install nero 7 haruslah komputer dengan spesifikasi yang cukup memadai.

Sediakan saja ruang kosong hardisk, 2 GB lebih. Siapkan processor 2,4 Ghz keatas, RAM 512 MB, dan Grapich Card 64 Mb keatas. Saya rasa semua komputer baru sudah memenuhi kriteria diatas. Kalau spek sudah cukup kini saatnya download nero 7 deh.

Oh ya, Nero 7 sudah support dengan windows vista maupun windows 7 jadi anda tinggal install aja di komputer ber OS yang saya sebutkan tadi. Satu lagi, nero 7 ini juga jalan kok di windows XP.

Link Free Download Nero 7 Full Version Gratis
Download Nero 7
21.41 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download Gratis Ebook Hadits Imam Bukhari

Link berikut ini jika diklik akan menghantar Anda menuju area download gratis ebook Islami, dan ebook Hadist Imam Bukhari juga Imam Muslim. Klik dan silahkan download gratis sepuasnya….


KLIK DI SINI


 Atau Klik Di Sini

Semoga bermanfaat, amin….

21.33 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Informasi Aneka Dokumen Pendidikan

Sahabat Guru yang terhormat, berikut ini ada informasi yang mungkin kita butuhkan untuk masa depan kita sendiri, silahkan untuk mengunduh pada link berikut sesuai kebutuhan Anda. Informasi ini menarik? beritahukan kepada yang lain dan jangan lupa ya untuk link ke blog ini?! Terima kasih.

Informasi Download Aneka Dokumen Publik Education

Artikel
  1. Membangun Motivasi Belajar Siswa Download
  2. Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Download
  3. Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Anak Download
  4. Mencermati Pelaksanaan KTSP di Sekolah Download
  5. Kumpulan Artikel Kebesaran Gus Dur Download
  6. 100 Orang Paling Berpengaruh 2010 Download
  7. Pemaknaan Indonesia Raya Era Reformasi Download
  8. Teks Lengkap Pidato Bung Karno 17-8-1945 Download
  9. Hubungan Bilateral RI Download
  10. Pendidikan Islam Masa Orla
Peraturan
  1. PP No.10/1979 Penilaian Pekerjaan PNS Download
  2. SE Kepala BAKN No. 02/1980 Pelaksanaan Penilaian Pekerjaan PNS
  3. UUD 1945 Hasil Amandemen Download
  4. UU No. 20/2003 Sisdiknas Bhs. Indonesia Download
  5. UU No. 20/2003 Sisdiknas Bhs. Inggris Download
  6. UU No. 14/2005 Guru dan Dosen Download
  7. UU No. 25/1992 Perkoperasiank Download
  8. UU No. 20/2008 Usaha Mikro Kecil Menengah Download
  9. PP No. 19/2005 Standar Nasional Pendidikan Download
  10. PP No. 53/2010 Disiplin PNS Download
  11. Peraturan Ka BKN No. 21/2010 dan Ketentuan Pelaksanaan PP No. 53/2010 Download
Buku Pedoman
  1. Juknis BOS 2012 Download
  2. Pedoman Kinerja Guru Download
Formulir
  1. Blangko DP3 Download
Program/Aplikasi/Software
  1. Aplikasi nuptk webrowser Download
  2. Panduan penggunaan aplikasi nuptk webrowser Download
  3. Cara Cetak NUPTK Web Browser Download
  4. Software Konversi Kalender Masehi-Hijriyah Download
Pramuka
  1. UU 12/2010 tentang Gerakan Pramuka Download
  2. AD Gerakan Pramuka (Kepres 34/1999) Download
  3. ART Gerakan Pramuka (SK Kwarnas 107/1999) Download
Ujian Nasional SD/SMP/SMA/SMK
  1. Permendiknas No-59/2011 ttg UN 2012.pdf Download
  2. SK BSNP tentang Kisi-kisi UN 2012.pdf Download
  3. Tanya-jawab-UN-2012.pdf Download
  4. Presentasi-SosialiasiUN-2012 semua Jenjang.pdf Download
  5. POS UN SD/MI 2012.pdf Download
  6. POS UN SMP, SMA, SMK UN 2012 Download
  7. Pedoman USBN 2012 Agama Islam SD/SMP/SMA/SMK Download
Ujian Nasional MI/MTs/MA
  1. Pedoman UAMBN 2012 dan Kisi-kisi MI Download
  2. Pedoman UAMBN 2012 dan Kisi-kisi M.Ts Download
  3. Pedoman UAMBN 2012 dan Kisi-kisi MA Download
Info UN DITPSMK.NET
  1. POS UN SMK-SMA-SD-SMP Download
  2. POS UKK SMK Download

21.28 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Download Hadist Shohih Bukhari dan Muslim Lengkap

Bagi kaum muslimin dan muslimat yang ingin mendapatkan kitab hadits shohih lengkap tanpa harus membeli kitab yang berjilid-jilid tinggal klik dibawah lalu download. Alhamdulillah, kami telah mengkompilasi hadits-hadits bukhari dan muslim lengkap dengan text arab dan terjemahannya.

Semoga bermanfaat dan menjadikan barokah, amien.



Cara download:
Setelah klik link di atas, akan muncul tab baru. Tunggu sekitar 5 detik, lalu klik tombol "Skip Ads" pada sudut kanan atas halaman. Anda akan dibawa pada halaman download.
21.23 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Kode Etik Guru Indonesia


PEMBUKAAN
Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa guru Indonesia menyadari bahwa jabatan guru adalah suatu profesi yang terhormat dan mulia. Guru mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia indonesia yang bermain, bertakwa dan berakhlak mulia serta mengusai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil,makmur, dan beradap.
Guru Indonesia selalu tampil secara profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan. Melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Indonesia memiliki kehandalan yang tinggi sebagai sumber daya utama untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Guru indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugas berpegang teguh pada prinsip “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tut wuri handayani”. Dalam usaha mewujudkan prinsip-prinsip tersebut guru indonesia ketika menjalankan tugas-tugas profesional sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Guru indonesia bertanggung jawab mengatarkan siswanya untuk mencapai kedewasaan sebagai calon pemimpin bangsa pada semua bidang kehidupan. Untuk itu, pihak-pihak yang berkepentingan selayaknya tidak mengabaikan peranan guru dan profesinya, agar bangsa dan negara dapat tumbuh sejajar dengan bangsa lain di negara maju, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kondisi seperti itu bisa mengisyaratkan bahwa guru dan profesinya merupakan komponen kehidupan yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini sepanjang zaman. Hanya dengan tugas pelaksanaan tugas guru secara profesional hal itu dapat diwujudkan eksitensi bangsa dan negara yang bermakna, terhormat dan dihormati dalam pergaulan antar bangsa-bangsa di dunia ini.
Peranan guru semakin penting dalam era global. Hanya melalui bimbingan guru yang profesional, setiap siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kompetetif dan produktif sebagai aset nasional dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dan berat sekarang dan dimasa datang.
Dalam melaksanakan tugas profesinya guru indonesia menyadari sepenuhnya bahwa perlu ditetapkan Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman bersikap dan berperilaku yang mengejewantah dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika dalam jabatan guru sebagai pendidik putera-puteri bangsa.
Bagian Satu
Pengertian, tujuan, dan Fungsi
Pasal 1
(1) Kode Etik Guru Indonesia adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guru-guru Indonesia. Sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota maasyarakat dan warga negara.
(2) Pedoman sikap dan perilaku sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) pasal ini adalah nilai-nilai moral yang membedakan perilaku guru yang baik dan buruk, yang boleh dan tidak boleh dilaksanakan selama menunaikan tugas-tugas profesionalnya untuk mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, serta sikap pergaulan sehari-hari di dalam dan luar sekolah.
Pasal 2
(1) Kode Etik Guru Indonesia merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi undang-undang.
(2) Kode Etik Guru Indonesia berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru dalam hubungannya dengan peserta didik, orangtua/wali siswa, sekolah dan rekan seprofesi, organisasi profesi, dan pemerintah sesuai dengan nilai-nilai agama, pendidikan, sosial, etika dan kemanusiaan.
Bagian Dua
Sumpah/Janji Guru Indonesia
Pasal 3
(1) Setiap guru mengucapkan sumpah/janji guru Indonesia sebagai wujud pemahaman, penerimaan, penghormatan, dan kesediaan untuk mematuhi nilai-nilai moral yang termuat di dalam Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman bersikap dan berperilaku, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
(2) Sumpah/janji guru Indonesia diucapkan di hadapan pengurus organisasi profesi guru dan pejabat yang berwenang di wilayah kerja masing-masing.
(3) Setiap pengambilan sumpah/janji guru Indonesia dihadiri oleh penyelenggara satuan pendidikan.
Pasal 4
(1) Naskah sumpah/janji guru Indonesia dilampirkan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Kode Etik Guru Indonesia.
(2) Pengambilan sumpah/janji guru Indonesia dapat dilaksanakan secara perorangan atau kelompok sebelumnya melaksanakan tugas.
Bagian Tiga
Nilai-nilai Dasar dan Nilai-nilai Operasional
Pasal 5
Kode Etik Guru Indonesia bersumber dari :
(1) Nilai-nilai agama dan Pancasila
(2) Nilai-nilai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
(3) Nilai-nilai jati diri, harkat dan martabat manusia yang meliputi perkembangan kesehatan jasmaniah, emosional, intelektual, sosial, dan spiritual,
Pasal 6
(1) Hubungan Guru dengan Peserta Didik:
a.       Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tuga didik, mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih,menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
b.       Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati dan mengamalkan hak-hak dan kewajiban sebagai individu, warga sekolah, dan anggota masyarakat
c.       Guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
d.      Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
e.       Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
f.        Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
g.       Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
h.       Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
i.         Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
j.         Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
k.       Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
l.         Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
m.     Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar, menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
n.       Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi serta didiknya untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum, kesehatan, dan kemanusiaan.
o.       Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionallnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial, kebudayaan, moral, dan agama.
p.       Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.
(2) Hubungan Guru dengan Orangtua/wali Siswa :
  1. Guru berusaha membina hubungan kerjasama yang efektif dan efisien dengan Orangtua/Wali siswa dalam melaksannakan proses pedidikan.
  2. Guru mrmberikan informasi kepada Orangtua/wali secara jujur dan objektif mengenai perkembangan peserta didik.
  3. Guru merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang lain yang bukan orangtua/walinya.
  4. Guru memotivasi orangtua/wali siswa untuk beradaptasi dan berpatisipasi dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
  5. Guru berkomunikasi secara baik dengan orangtua/wali siswa mengenai kondisi dan kemajuan peserta didik dan proses kependidikan pada umumnya.
  6. Guru menjunjunng tinggi hak orangtua/wali siswa untuk berkonsultasin dengannya berkaitan dengan kesejahteraan kemajuan, dan cita-cita anak atau anak-anak akan pendidikan.
  7. Guru tidak boleh melakukan hubungan dan tindakan profesional dengan orangtua/wali siswa untuk memperoleh keuntungna-keuntungan pribadi.
(3) Hubungan Guru dengan Masyarakat :
  1. Guru menjalin komunikasi dan kerjasama yang harmonis, efektif dan efisien dengan masyarakat untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan.
  2. Guru mengakomodasikan aspirasi masyarakat dalam mengembnagkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
  3. Guru peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat
  4. Guru berkerjasama secara arif dengan masyarakat untuk meningkatkan prestise dan martabat profesinya.
  5. Guru melakukan semua usaha untuk secara bersama-sama dengan masyarakat berperan aktif dalam pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan peserta didiknya
  6. Guru memberikan pandangan profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, hukum, moral, dan kemanusiaan dalam berhubungan dengan masyarakat.
  7. Guru tidak boleh membocorkan rahasia sejawat dan peserta didiknya kepada masyarakat.
  8. Guru tidak boleh menampilkan diri secara ekslusif dalam kehidupam masyarakat.
(4) Hubungan Guru dengan seklolah
  1. Guru memelihara dan eningkatkan kinerja, prestasi, dan reputasi sekolah.
  2. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan.
  3. Guru menciptakan melaksanakan proses yang kondusif.
  4. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah.
  5. Guru menghormati rekan sejawat.
  6. Guru saling membimbing antarsesama rekan sejawat
  7. Guru menjunung tinggi martabat profesionalisme dan hubungan kesejawatan dengan standar dan kearifan profesional.
  8. Guru dengan berbagai cara harus membantu rekan-rekan juniornya untuk tumbuh secara profsional dan memilih jenis pelatihan yang relevan dengan tuntutan profesionalitasnya.
  9. Guru menerima otoritas kolega seniornya untuk mengekspresikan pendapat-pendapat profesionalberkaitan dengan tugas-tugas pendidikan dan pembelajaran
  10. Guru membasiskan diri pada nilai-nilai agama, moral, dan kemanusiaan dalam setiap tindakan profesional dengan sejawat.
  11. Guru memliki beban moral untuk bersama-sama dengan sejawat meningkatkan keefektifan pribadi sebagai guru dalam menjalankan tugas-tugas profesional pendidikan dan pembelajaran.
  12. Guru mengoreksi tindakan-tindakan sejawat yang menyimpang dari kaidah-kaidah agama, moral, kemanusiaan, dan martabat profesionalnya.
  13. Guru tidak boleh mengeluarkan pernyataan-pernyaan keliru berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi sejawat atau calon sejawat.
  14. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat pribadi dan profesional sejawatnya
  15. Guru tidak boleh mengoreksi tindakan-tindakan profesional sejawatnya atas dasar pendapat siswa atau masyarakat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarnya.
  16. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi sejawat kecuali untuk pertimbangan-pertimbangan yang dapat dilegalkan secara hukum.
  17. Guru tidak boleh menciptakan kondisi atau bertindak yang langsung atau tidak langsung akan memunculkan konflik dengan sejawat.
(5) Hubungan Guru dengan Profesi :
  1. Guru menjunjung tinggi jabatan guru sebagai sebuah profesi
  2. Guru berusaha mengembangkan dan memajukan disiplin ilmu pendidikan dan bidang studi yang diajarkan
  3. Guru terus menerus meningkatkan kompetensinya
  4. Guru menjunjung tinggi tindakan dan pertimbangan pribadi dalam menjalankan tugas-tugas profesionalnya dan bertanggungjawab atas konsekuensiinya.
  5. Guru menerima tugas-tugas sebagai suatu bentuk tanggungjawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindkan-tindakan profesional lainnya.
  6. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat profesionalnya.
  7. Guru tidak boleh menerima janji, pemberian dan pujian yang dapat mempengaruhi keputusan atau tindakan-tindakan proesionalnya
  8. Guru tidak boleh mengeluarkan pendapat dengan maksud menghindari tugas-tugas dan tanggungjawab yang muncul akibat kebijakan baru di bidang pendidikan dan pembelajaran.
(6) Hubungan guru dengan Organisasi Profesinya :
a. Guru menjadi anggota aorganisasi profesi guru dan berperan serta secara aktif dalam melaksanakan program-program organisasi bagi kepentingan kependidikan.
b. Guru memantapkan dan memajukan organisasi profesi guru yang memberikan manfaat bagi kepentingan kependidikan
c. Guru aktif mengembangkan organisasi profesi guru agar menjadi pusat informasi dan komunikasi pendidikan untuk kepentingan guru dan masyarakat.
d. Guru menjunjung tinggi tindakan dan pertimbangan pribadi dalam menjalankan tugas-tugas organisasi profesi dan bertanggungjawab atas konsekuensinya.
e. Guru menerima tugas-tugas organisasi profesi sebagai suatu bentuk tanggungjawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindakan-tindakan profesional lainnya.
f. Guru tidak boleh melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang dapat merendahkan martabat dan eksistensis organisasi profesinya.
g. Guru tidak boleh mengeluarkan pendapat dan bersaksi palsu untuk memperoleh keuntungan pribadi dari organisasi profesinya.
h. Guru tidak boleh menyatakan keluar dari keanggotaan sebagai organisasi profesi tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
(7) Hubungan Guru dengan Pemerintah :
a) Guru memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan program pembangunan bidang pendidikan sebagaimana ditetapkan dalam UUD 1945, UU Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen, dan ketentuan Perundang-Undang lainnya.
b) Guru membantu Program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan berbudaya.
c) Guru berusaha menciptakan, memeliharadan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila dan UUD1945.
d) Guru tidak boleh menghindari kewajiban yang dibebankan oleh pemerintah atau satuan pendidikan untuk kemajuan pendidikan dan pembelajaran.
e) Guru tidak boleh melakukan tindakan pribadi atau kedinasan yang berakibat pada kerugian negara.
Bagian Empat
Pelaksanaan , Pelanggaran, dan sanksi
Pasal 7
(1) Guru dan organisasi profesi guru bertanggungjawab atas pelaksanaan Kude Etik Guru Indonesia.
(2) Guru dan organisasi guru berkewajiban mensosialisasikan Kode Etik Guru Indonesia kepada rekan sejawat Penyelenggara pendidikan, masyarakat dan pemerintah.
Pasal 8
(1) Pelanggaran adalah perilaku menyimpang dan atau tidak melaksanakan Kode Etik Guru Indonesia dan ketentuan perundangan yang berlaku yang berkaitan dengan protes guru.
(2) Guru yang melanggar Kode Etik Guru Indonesia dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
(3) Jenis pelanggaran meliputi pelanggaran ringan sedang dan berat.
Pasal 9
(1) Pemberian rekomendasi sanksi terhadap guru yang melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik Guru Indonesia merupakan wewenang Dewan Kehormatan Guru Indonesia.
(2) Pemberian sanksi oleh Dewan Kehormatan Guru Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus objektif
(3) Rekomendasi Dewan Kehormatan Guru Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaksanakan oleh organisasi profesi guru.
(4) Sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan upaya pembinaan kepada guru yang melakukan pelanggaran dan untuk menjaga harkat dan martabat profesi guru.
(5) Siapapun yang mengetahui telah terjadi pelanggaran Kode Etik Guru Indonesia wajib melapor kepada Dewan Kehormatan Guru Indonesia, organisasi profesi guru, atau pejabat yang berwenang.
(6) Setiap pelanggaran dapat melakukan pembelaan diri dengan/atau tanpa bantuan organisasi profesi guru dan/atau penasehat hukum sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan dihadapan Dewan Kehormatan Guru Indonesia.
Bagian Lima
Ketentuan Tambahan
Pasal 10
Tenaga kerja asing yang dipekerjakan sebagai guru pada satuan pendidikan di Indonesia wajib mematuhi Kode Etik Guru Indonesia dan peraturan perundang-undangan.
Bagian Enam
Penutup
Pasal 11
(1) Setiap guru secara sungguh-sungguh menghayati,mengamalkan serta menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia.
(2) Guru yang belum menjadi anggota organisasi profesi guru harus memilih organisasi profesi guru yang pembentukannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
(3) Dewan Kehormatan Guru Indonesia menetapkan sanksi kepada guru yang telah secara nyata melanggar Kode Etik Guru Indonesia.
21.22 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Cara Mengembangkan RPP Berkarakter

  1. Pendahuluan

    Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
    Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

  2. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diantaranya :

    Mencantumkan identitas
    • Nama sekolah
    • Mata Pelajaran
    • Kelas/Semester
    • Alokasi Waktu
    Catatan:
    • RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
    • Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
    • Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
  1. Standar Kompetensi

    Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
    1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
    2. keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
    3. keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
  2. Kompetensi Dasar

    Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
    1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
    2. Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
    3. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
  3. Tujuan Pembelajaran

    Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

  4. Materi Pembelajaran

    Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

  5. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran

    Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

  6. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :

    1. Pendahuluan

      Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Karakter siswa untuk memahami manfaat materi pembelajaran adalah sasaran utama bagi guru untuk menuangkan ilmunya kepada siswa. Hal ini membutuhkan kematangan guru dalam menguasai situasi dan kondisi kelas secara nyata sehingga siswa mampu menghubungkan antara materi yang akan disampaikan guru dengan kemanfaatannya bagi diri siswa sendiri.

    2. Inti

      Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

    3. Penutup

      Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un¬tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
  7. Sumber Belajar

    Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

  8. Penilaian

    Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

http://4.bp.blogspot.com/-A7M9Y087VyU/TOEGx2SguCI/AAAAAAAABGw/gTzKReIhj_0/s1600/str4.gif