SMP N 1 KUNDURAN

SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH

Menuju Sekolah Bermutu

UNGGUL K., ST

TIK SMP N 1 KUNDURAN

"EDIT Foto Keren..!!"

Kemdikbud "Info UKG"

Info terkini " KESEHATAN "

Resep Masakan Indonesia "TERBARU"

Kagem mbikak " Face Book "

SMS "GRATIS TENAN"

"RAMALAN"

16.33 | Author: BLOG-UNGGUL-TIK-SMP N 1 KUNDURAN

Obat alami asam urat

Asam urat adalah penyakit yang biasanya menyerang pada mereka yang  usianya lanjut dan jarang terjadi pada usia muda. Bagi mereka yang mempunyai gejala penyakit asam urat tentunya mengurangi makanan yang mengandung banyak zat purin karena purin sifatnya dalah pemicu timbulnya asam urat. Zat Purin terkandung pada sayuran dan. Purin juga hasil dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara alami atau karena penyakit tertentu. Tubuh manusia mengolah purin menjadi asam urat, tapi yang jadi masalah jika kadar dari asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya akan sendi terasa nyeri, meradang dan bengkak.

Asam urat dalam tubuh diatur oleh ginjal dan dikeluarkan lewat urin dan feses. Kadar asam urat yang normal untuk pria adalah 3 - 7mg sedangkan wanita 2,4 - 6mg dan jika lebih dari normal kadarnya dalam tubuh maka akan membuat nyeri pada persendian bahkan dapat menimbulkan bengkak pada persendian sehingga penderita susah berjalan. Berikut gambar perubahan purin yang terproses oleh tubuh. (klik pd gambar untuk memperbesar)

Dari gambar diatas kita dapat mengetahui batas normal asam urat sampai dengan terjadinya peradangan akibat asam urat dari zat purin.

Ada banyak tanaman ataupun buah tersedia disekitar kita yang dapat digunakan sebagai obat alami asam urat diantaranya yaitu; buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat dipercaya mampu mengurangi  asam urat.

Berikut tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk mengatasi asam urat;

Sambiloto ( Adrographis panniculata )
Sambiloto aslinya merupakan tanaman yang berasal dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto,atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton,aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atauanalgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman.

Sidaguri ( Sida rhombifolia )
Sidaguri dikenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah alkaloid, kalsium oksalat,tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine.Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Dalam pengobatan,sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit.Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.

Daun salam ( Eugenia polyanta )
Daun salam dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharumanyang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salamrasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri,tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

Kumis kucing ( Orthosiphon aristatus )
Kumis kucing telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokandan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur  batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini jugamengandung senyawa orthosiphonin kumis kucing glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Meniran ( Phyllanthus niruri )
Meniran saat ini terkenal sebagai tanaman obat yang dapat meningkatkan daya tahantubuh. Meniran juga dikenal dapat membersihkan hati, sebagai antiradang, peredademam, peluruh kencing, peluruh dahak, peluruh haid, menjernihkan penglihatan,serta menambah nafsu makan. Seperti halnya kumis kucing, sifat diuretiknya-lahyang digunakan untuk mengobati asam urat.

Anting-anting (Acalypha indica )
Anting-anting sering juga disebut kucing-kucingan atau akar kucing. Orang Sunda mengenalnya sebagai rumput kokosan. Rasanya pahit, sejuk dan bersifat astringen. Herba ini berkhasiat sebagai antiradang, antibiotik, peluruh kencing, pencahar dan penghenti  perdarahan. Umumnya orang menggunakan bagian akarnya untuk menangani penyakit asam urat.

Beberapa ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat antara lain :

  1. Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10gram, komfrey 5 - 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hinggatersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
  2. Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalamsatu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml. 
  3. Rebus 15 - 30 gram herba kering atau 30 – 60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10 – 15 gram. 
  4. Rebus 10 – 15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas. 
  5. Ambil 5 -7 potong akar anting-anting (segar ataupun kering), rebus dengan 2gelas air hingga tersisa satu gelas, setelah dingin minum sekaligus. Lakukan 2 -3kali sehari. 
  6. Untuk borehan, gunakan daun gandarusa segar 40 gram, daun kemangi segar 30 gram, kencur segar 30 gram, jahe merah segar 30 gram, daun encok segar 30gram, dan beras 40 gram. Rendam beras selama 3 – 4 jam. Cuci semua bahan,tumbuk/lumatkan, lalu campur dengan beras yang telah ditumbuk. Setelah bahantercampur dan lembut, tempatkan dalam wadah dan borehkan ramuan pada bagianyang sakit secukupnya. Lakukan pengobatan dua kali sehari, pagi dan sore.
  7. Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
  8. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
  9. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok  madu ditambah 2 sendok 
  10. Minum cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
  11. Kentang mentah dan apel malang dijuice

Makanan yang sebaiknya dihindari buat sobat yang memiliki masalah asam urat :

  • Daging sapi, daging kuda, daging kambing
  • Jeroan antara lain ginjal, limpa, usus, hati, paru, babat dan otak
  • Seafood misalnya udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting,     ikan teri, ikan sarden
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda, bebek, angsa dan kalkun
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (juga hasil olahan seperti tempe, tauco,  oncom, susu kedelai), kacang 9. tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Sayuran dan buah misalnya kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung, nanas, durian, air kelapa.
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Makanan kaya lemak dan protein

Beberapa Tips untuk mencegah terjadinya Asam urat

  • Sesuaikan asupan energi sesuai dengan kebutuhan tubuh. ( tidak berlebihan menentukan porsi makan dalam sehari )
  • Kadar asam urat biasanya lebih cepat naik pada orang gemuk, sebaiknya menurunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Bekerja jangan terlalu keras yang mengakibatkan kekelahan.
  • Konsumsi buah yang mengandung vitamin C misal jeruk, mangga, pepaya dll.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung potasium tinggi seperti kentang, pisang dan yogurt
  • Jangan lagi pernah minum aspirin
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti dan ubi (singkong)
  • Perbanyak minum air putih, kebutuhan tubuh sehari adalah 8 gelas air putih.
Asam urat sangat berkaitan dengan pola makan. Pada usia muda sebelum terkena gangguan asam urat hendaknyalah kita menjaga pola makan yang baik yaitu; tidak berlebih lebihan dalam urusan makan. Jika diterjemahkan secara bijak maka tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan melakukan pola makan tersebut kita bisa terjaga dari gangguan asam urat di hari tua nanti.
|
This entry was posted on 16.33 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:


http://4.bp.blogspot.com/-A7M9Y087VyU/TOEGx2SguCI/AAAAAAAABGw/gTzKReIhj_0/s1600/str4.gif